PERHITUNGAN JUMLAH ANSURAN HUTANG



PERHITUNGAN JUMLAH ANSURAN HUTANG
Bab 5

            Sebuah bisnis kadang ingin mengetahui detai berapa jumlah angsuran tiap bulan, dan berapa porsi pokok utang dan interest yang di sumbangkan dari ansuran tersebut. Exel memiliki fungsi untuk mengakomodasi hal ini, yaitu funsi PMT.
            Fungsi PMT ini berfungsi menghitung pembayaran dari peminjaman , dengan memasukkan berupa nilai pinjaman, dan tingkat suku bunga.
Sintakes yang digunakan adalah:
PMT (rate , nper, pv, [fv], [type])


 
 
Berikut ini penjelasan dari argument argument diatas:
1.     Rate (wajib), yaitu tingkat interest rate dari pinjaman.
2.    Nper (wajib), jumlah total pinjaman pembayaran untuk pinjaman tersebut.
3.    Pv (wajib) , nilai present value, atau jumlah sekarang dari sebuah nilai dimasa depan. Ini juga sering disebut nilai prinsicipal.
4.    Fv (opsional) . nilai future value , atau nilai uang yang anda inginkan setelah pembayaran terakhir dilakukan. Jika fv dihilangkan, di asumsikan nilainya adalah 0, yaitu nilai masa depan dari utang itu adalah nol.
5.    Tipe (opsional) nilainya nol (0) atau satu (1) dan mengindikasikan ketika pembayaran masih jatuh tempo atau belum. Nilainya 0 atau di hilangkan akhir periode, atau satu diawal periode.
            Harus diperhatikan bahwa pembayaran yang dihasilkan dari rumus PMT hanya memasukkan nilai principe dan interest saja, tapi tidak termasuk pajak, dan biaya lain lain yang berkaitan dengan pinjaman..
            Pastikan anda konsisten dengan unit yang anda gunakan untuk menentukan rate dan nper. Contohnya jika anda membuat pembayaran utang untuk empat tahun , dengan nilai interest, rate pertahun sebanyak 12%, maka anda gunakan 12%/12 untuk rate dan 4 * 12 untuk nper nya.
            Jika ada membuat pembayaran tahunan untuk pinjaman yang sama, gunakan 12%, untuk rate dan 4% untuk nper.
            Jika anda ingin mencari jumlah uang total yang dibayar selama durasi pinjaman,anda tinggal mengalikan PMT yang dihasilkan dengan NPER .
            Untuk menghitung ini, anda juga memerlukan fungsi pv. Fungsi pv ini merupakan nilai yang merepresentasikan present value dari investasi. Nilai present value ini adalah jumlah total dari pembayaran dimasa depan yang ada sekarang.
Kalau anda meminjam uang, maka jumlah uang ini merupakan present value bagi si pemberi pinjaman.
Sintaks PV ini adalah
PMT (rate , nper, pv, [fv], [type])

 
 


Berikut ini beberapa argument yang ada:
1.       Rate (wajib) interest rate per periode. Misalnya jika anda memperoleh pinjaman 10% , maka bunga perbulannya 10% / 12, alias 0,83%.
2.       Nper (wajib) jumlah periode pinjaman total secara keseluruhan. Misalnya jika anda memiliki pinjaman 4 tahun yang harus dibayar bulanan maka nper adalah 4* dengan 12 , alias 48 periode.
3.       PMT (wajib). Yaitu pinjaman yang dibayarkan tiap periode, dan tidak berubah sepanjang pembayaran. PMT biasanya terdiri dari prinsipe dan interest.
4.       Fv opsional nilai masa depan, atau nilai uang yang ingin diperoleh diakhir periode. Jika fv ditiadakan , asumsinya adalah nol.
5.       Type (opsional) angka 0 atau 1 dan mengindikasikan ketika pembayaran yang sudah di bayar atau belum. Nilai 0 dihilangkan di akhir periode, dan nilainya satu diawal periode.

A.  Pembuatan perhitungan pinjaman
Berikut ini contoh pembuatan perhitungan pinjaman. Disini anda bisa melihat beberapa view ansuran dan flow perhitungan pinjaman anda. Berikut ini langkah langkahnya :
1.     Buat heading berupa perhitungan pinjaman , kemudian buat dua table untuk memasukkan informasi utang, dan informasi angsuran dan bunga.

2.    Masukkan info seputar utang anda , seperti nilai utang, bunga atau interest, jangka waktu (tahun).

3.    Kemudian hitung dulu angsuran bulanan. Caranya dengan menggunakan rumus PMT, dengan argument rate perbulan , nper dan present value. Present value diisikan dengan jumlah utang.

4.    Klik enter , maka angsuran perbulan akan terlihat.

5.    Berikutnya, buat rumus untuk menghitung total pembayaran , yaitu angsuran bulanan , dikalikan dengan jangka waktu dan dikalikan dengan 12 bulan.

6.    Maka terlihat total pembayaran seperti berikut ini.

7.    Buat table jadwal ansuran , dengan isi 6 kolom, yaitu kolom tahun, saldo awal, angsuran tahunan, porsi bunga, porsi pokok dan saldo pinjaman.
8.    Karena contoh angsuran di tutorial ini 8 tahun, maka buat 8 di bagian tahun.kemudian untuk saldo awal , tentukan sesuai dengan jumlah utang. Ini adalah saldo awal dari utang di tahun pertama.

9.    Buat rumus untuk angsuran tahunan , yaitu mengalikan angsuran bulanan, dikali dengan dua belas. Untuk angsuran bulanannya, dikasih tanda dolar agar bernilai statis.

10.  Maka angsuran tahunan akan terlihat.

11.  Tentukan saldo pinjaman, yaitu menggunakan fungsi PV atau present value, dengan argument berupa bunga, nper , dan PMT seperti terlihat di gambar berikut ini.

12.  Nilai saldo pinjaman merupakan nilai akhir dari peminjaman ketika angsuran di tahun tersebut sudah di tunaikan.
13.  Buat fungsi untuk porsi pokok , yaitu saldo awal dikurangi dengan saldo pinjaman akhir tahun.

14.  Kemudian tentukan porsi bunga , yaitu pengurangan antara angsuran tahunan dikurangi dengan porsi pokok.

15.  Untuk saldo awal di tahun kedua, adalah = saldo alhir di tahun sebelumnya.

16.  Maka anda bisa melihat di tahun kedua , saldo akan sama dengan akhir tahun sebelumnya.

17.  Salin kebawah untuk angsuran tahunan, ini karena angsuran tahunan tetap, karena interest selalu tetap.

18.  Kemudian berikutnya, klik pada tahun pertama di saldo pinjaman.

19.  Kemudian salin kebawah saldo pinjaman ini, sehingga terlihat di akhir tahun ke delapan, saldo pinjaman akan menjadi kosong. Artinya utang sudah lunas.

20. Salin juga kolom saldo awal hingga kebawah, disitu terlihat saldo mulai berkurang sedikit demi sedikit hingga awal tahun ke delapan.
21.  Klik kolom porsi pokok dan salin kebawah.

22. Terlihat porsi pokok diawal tahun akan lebih sedikit dan terus membesar diakhirnya.

23. Terakhir, salin porsi bunga , kebalikan dari porsi pokok, porsi bunga ini akan mengecil dari tahun ke tahun.

24. Kembali ke table informasi angsuran dan buang, isikan total bunga dengan me SUM pada header porsi bunga.
25. Maka terlihat total pembayaran ,dan total dari porsi bunga dari pinjaman anda.

26. Langkah ini cocok anda buat untuk utang bank atau leasing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN BREAK EVEN

LAPORAN PENJUALAN BULANAN

LAPORAN EXPENSE/PENGELUARAN